Selasa siang (15/3) telah dilaksanakan Rapat Harmonisasi Rencana Pengusulan DAK fisik Penugasan Tahun 2023 di Ruang Rapat Bappeda. Rapat dihadiri oleh Sekda, Asisten perekonomian dan pembangunan, Kepala Disperkimhub, Kepala DPUPR, Kepala Disparbud, Kepala Disdakopukm, Kepala DLH, Kepala Dispaperkan yg diwakili oleh kepala bidang bina program, Kabag Adbang, Bagian perekonomian beserta para staff OPD terkait.

Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan salah satu pendapatan daerah yang bersumber dari APBN untuk mendanani kegiatan yang bersifat khusus sesuai dengan prioritas nasional. Keterbatasan fiskal yang dimiliki Kabupaten Wonosobo, mendorong pemerintah daerah untuk bisa mendapatkan DAK dalam mempercepat pembangunan daerah dan menjadi salah satu langkah pemenuhan standar pelayanan dasar.

Sekda Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo menyampaikan dua hal penting dalam rapat ini yaitu membuka lokasi prioritas (lokpri) dan meningkatkan alokasi. Caranya dengan membuat proposal dan menjalin komunikasi dengan Kementerian teknis terkait. Strategi ini perlu dilakukan agar Kabupaten Wonosobo dapat menjadi lokasi prioritas nasional sehingga mendapatkan alokasi DAK.

Tindak lanjut dari rapat ini adalah OPD terkait bersama dengan bappeda akan membuat proposal untuk diajukan kepada kementerian teknis dan bappenas selanjutnya dilakukan audiensi. Dengan demikian diharapkan alokasi DAK yang diperoleh Kabupaten Wonosobo dapat meningkat dari sebelumnya

 


Survey Layanan Bappeda

Survey Layanan Bappeda

isi survey yuk