Pengelolaan SIPD Desa

Apabila admin desa/kelurahan lupa password  silahkan mengirim email permohonan reset password dengan menggunakan email yang terdaftar di SIPD selanjutnya bappeda akan merespon ke email yang di gunakan tadi.

Desa/kelurahan dapat menyampaikan masing-masing 3 usulan, jenis usulannya berdasar kamus masalah yang ada di SIPD dengan mempedomani Surat Edaran Bupati tentang Arah Kebijakan Umum.

Kolom isu permasalahan diisi menceritakan kondisi usulan/permasalahan (latar belakang masalah) seperti saat membuat proposal

Titik lokasi yang ada di form usulan saat ini masih dalam tahap pengembangan, jadi tidak perlu diisi.

Pada kolom proposal format file adalah PDF, dengan ukuran maksimal 2Mb.

Gambar yang diupload berupa foto kondisi usulan yang menjadi isu permasalahan, format JPEG/JPG/BMP/PNG maksimal 2Mb sebanyak 3 foto.

Desa/kelurahan dapat memantau usulannya melalui menu monitor di SIPD dan dapat melihat hasil rekomendasi dari :

  • Bappeda
  • Kecamatan
  • OPD
  • TAPD

Usulan yang belum diajukan masih bisa  diperbaiki, namun jika usulan sudah diajukan untuk verifikasi maka usulan sudah tidak dapat diperbaiki.

Besarnya anggaran akan diisikan oleh Bappeda selaku verifikasi pertama dengan menimbang dari sisi teknis kebutuhan usulan, satu usulan permasalahan bisa jadi di usulkan oleh dua atau lebih desa/kelurahan maka Bappeda akan mengambil 1 saja yang dianggap mewakili yang nantinya menjadi keluaran dengan banyak lokasi sesuai usulan.

Verifikator yang lain juga melakukan hal yang sama

Verifikasi akan dilakukan pertama oleh Bappeda, sebagai verifikator Bappeda bisa melihat daftar usulan yang sama, jika memang usulan ini dianggap layak maka Bappeda akan meneruskan untuk di verifikasi oleh Kecamatan. Di Kecamatan tentu akan dipilih urutan prioritas. Perlu diketahui nantinya jika usulan ini dipilih menjadi prioritas maka dia akan menjadi output/keluaran dalam sebuah sub kegiatan, bisa jadi output itu berisikan banyak lokasi, sebagai contoh: desa A mengusulkan kebutuhan pelatihan untuk pengolahan Industri Rumah Tangga, Desa B mengusulkan hal yang sama. Maka jika usulan ini diambil untuk jadi prioritas di Kecamatan maka usulannya adalah pelatihan untuk pengolahan Industri Rumah Tangga dengan lokasi A dan B.

Contoh kedua. Desa A mengusulkan penanganan ruas jalan Sapuran-Kaliwiro, Desa B mengusulkan mengusulkan juga penanganan di ruas yang sama. Maka jika ruas ini dipilih untuk menjadi prioritas oleh kecamatan maka kecamatan akan mengambil salah satu usulan saja.

Warga masyarakat baik individu maupun lembaga dapat menyampaikan usulan/isu permasalahan dalam musrenbang melalui aplikasi SIPD dengan syarat memiliki akun di SIPD, untuk memiliki akun di aplikasi SIPD.

Setelah kecamatan dalam forum Musrenbangcam menentukan prioritas sejumlah desa dan kelurahan tahapan selanjutnya akan di verifikasi oleh OPD/Dinas terkait, Dinas terkait akan menselaraskan dengan prioritas dinas masing-masing sesuai dengan Arahan Kebijakan Umum pembangunan, usulan yang sesuai prioritas kabupaten akan diambil dan di teruskan untuk di verifikasi oleh TAPD (tahapan ini dilakukan dalam Forum OPD). Verifikasi selanjutnya yaitu dillakukan oleh TAPD, pada tahap verifikasi ini TAPD akan memberikan rekomendasi akhir, jika pada tahapan ini usulan dari desa/lembaga/warga dipilih untuk diteruskan maka, usulan inilah yang akan masuk di RKPD/Renja OPD.

Setelah usulan masuk dalam Renja OPD/RKPD  tahap selanjutnya yaitu KUA-PPAS lalu APBD, tentu saja ini disesuaikan dengan kemampuan penganggaran

Apabila aplikasi SIPD menampilkan pesan/notifikasi error, silahkan dicoba untuk merefresh halaman web, atau memuat ulang halaman web. Jika masih terjadi error silahkan menghubungi Bappeda dengan nomor yang sudah diberikan pada saat acara pelatihan

Aplikasi SIPD dapat dibuka di berbagai perangkat baik Komputer, Handphone maupun tablet, namun kami menyarankan lebih nyaman jika SIPD ini dijalankan dengan Komputer/Laptop.

Load More

 1,031 total views,  6 views today