WORKSHOP PENGEMBANGAN DESA WISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Published by Bappeda on

WONOSOBO – Pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang mendapat perhatian Pemerintah Kabupaten Wonosobo, karena merupakan sektor jasa yang berkaitan erat dengan berbagai kegiatan ekonomi. Dengan berkembangnya kepariwisataan diharapkan akan tercipta perluasan dan pemerataan kesempatan berusaha bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pembangunan serta dapat memperkenalkan keindahan alam dan nilai budaya.

Kegiatan yang dibuka oleh Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Wonosobo Sumaedi SH, M.Si selaku Ketua FEDEP Kabupaten Wonosobo dan juga diisi oleh empat narasumber dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo, Praktisi Desa Wisata (Yossiady Bambang Singgih), Ketua Forum Rembug Klaster Borobudur (Kirno Prasojo), Kepala Desa Ponggok Polanharjo Klaten (Junaedi Mulyono) menghimbau kepada desa untuk memanfaatkan potensi dan sumber daya dalam bidang pariwisata tersebut agar dapat berkontribusi dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan pengurangan kemiskinan. Melibatkan masyarakat dalam kegiatan Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan produktif sehingga mendapat penghasilan guna memenuhi kebutuhan secara mandiri.

Melalui sektor pariwisata diharapkan dapat menggerakkan ekonomi rakyat, karena dianggap yang paling siap dari segi fasilitas, sarana dan prasarana dibandingkan dengan dengan sektor usaha lainnya. Harapan ini dikembangkan dalam suatu strategi pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

(gjr) 

5,945 total views, 25 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *