Branding Wonosobo, Makna dan Logo “The Soul Of Java”

Published by Bappeda on

 

MAKNA DAN FILOSOFI “BRAND WONOSOBO”

Bertepatan dengan peringatan hari Lahir yang ke 193, Kabupaten Wonosobo menetapkan Branding baru “The Soul Of Java”

Brand Wonosobo merupakan simbol dari upaya masyarakat, pemerintah, dan industri di Wonosobo untuk bersama-sama membangun Wonosobo. Brand Wonosobo juga merupakan sarana promosi Wonosobo menjadi tujuan pariwisata, investasi, dan perdagangan, yang semuanya ditujukan bagi kesejahteraan masyarakat. Brand ini mengandung makna dan filosofi mendalam, sebagai berikut:
Wonosobo ditulis dalam huruf kecil yang mencerminkan semangat kesetaraan

berdiri sama tinggi, duduk sama rendah

Logo Wonosobo berbentuk lingkaran yang mencerminkan ‘dunia’ atau ‘universe’. Hal ini mencerminkan masyarakat Wonosobo yang memiliki perspektif global dan cita-cita untuk mendunia. Lingkaran yang tidak terputus menggambarkan upaya, kerja, dan inovasi tiada batas. Di dalam logo terkandung tiga unsur utama yang mewakili karakteristik dan keunggulan Wonosobo, yaitu: Matahari terbit, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, dan Air yang mengalir. Ketiganya menggambarkan keindahan alam dan kesuburan tanah Wonosobo

SLOGAN

The Soul of Java

Menyampaikan makna bahwa Masyarakat Wonosobo dengan kearifan lokalnya merupakan kekayaan sejati Wonosobo. Kearifan dan budaya masyarakat Wonosobo menghasilkan harmoni antara alam dan manusia, yang tercemin dalam cipta, rasa, dan karya masyarakat Wonosobo.

bappeda wonosobo - Branding Wonosobo The Soul Of Java

Branding Wonosobo The Soul Of Java

Wonosobo menjadi “The Soul of Java” karena sejarah menunjukkan bahwa wilayah ini merupakan cikal bakal budaya Jawa. Sejarah menunjukkan bahwa kebudayaan di Wonosobo sudah berkembang di abad-8, lebih awal dari pembangunan Candi Borobudur dan Prambanan. Dalam masa sekarang, Wonosobo tetap menjadi inspirasi bagi Indonesia bahkan dunia sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi nilai Hak Asasi Manusia, keberagaman, dan toleransi.
Warna-warna yang digunakan adalah:

  1. oranye yang memiliki arti bahwa Wonosobo yang memiliki kekayaan budaya dan kesenian (cultural wonders),
  2. Hijau mencerminkan “Natural Wonders” yang mewakili keindahan alam dan kesuburan Wonosobo,
  3. Biru yang mencerminkan “Modern Wonders” yang berarti bahwa masyarakat Wonosobo adalah masyarakat berkarakter yang tetap mengikuti kemajuan zaman. Warna biru juga mewakili warna air yang mengalir dan melimpah di Wonosobo.


3,130 total views, 9 views today

Categories: EventWonosobo

Bappeda

Merencanakan tepat sasaran

1 Comment

Cahyaning Penghemat BBM · July 25, 2018 at 5:52 pm

mantappp, Wonosobo ku semakin keren dan maju.
#thesoulofjava

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *